Teori Portofolio & Analisis Investasi EKSI4203 - Transaksi SWAP


Transaksi SWAP adalah transaksi keuangan antara dua pihak yang mempunyai kepentingan ketika transaksi ini memberikan keuntungan kepada kedua pihak.Transaksi SWAP ini dapat dilakukan dengan dua transaksi yang sangat terkenal yaitu:


Transaksi SWAP tingkat bunga (Interest SWAP)
Transaksi SWAP tingkat bunga yang dimaksudkan yaitu pihak yang melakukan transaksi ingin mengubah tingkat bunga yang saat ini dimiliki.
1.    Floating rate to fix rate
Fix rate yaitu bunga yang dibayar peminjam sama sepanjang waktu periode pinjaman tersebut.
2.    Fix rate to floating rate
Floating rate merupakan tingkat bunga yang dirujuk kepada sesuatu tingkat bunga, misalnya tingkat bunga SBI (Sertifikat Bank Indonesia) atau JIBOR (Jakarta Interest Board Offering Rate) atau SIBOR (Singapore Interest Board Offering Rate) atau LIBOR (London Board Interest Offering Rate). Pinjaman dari bank dikenakan sebesar SBI + 4%. 

Pihak yang melakukan transaksi SWAP ini melakukan perubahan dikarenakan sifat dari usaha atau kemampuan yang dimilikinya. Biasanya yang terjadi perusahaan ingin melakukan perubahan dari tingkat bunga mengambang menjadi tetap dikarenakan kemudahan pihak tersebut melakukan perhitungan atas bisnisnya. Bila pengeluaran tingkat bunga dapat dipastikan maka pengusaha tersebut dapat memastikan segala aktivitas bisnis yang dilakukan. Bila tingkat bunga mengambang yang diinginkan biasanya tingkat bunga tersebut juga pasti bisa diramalkan pada kisaran tertentu. 


Transaksi SWAP valuta asing (Currency SWAP)

Berbagai perusahaan sering kali membutuhkan dana dalam bentuk valuta lain bukan valuta ketika perusahaan tersebut berlokasi atau valuta lokal dan memiliki valuta asing yang cukup besar. Oleh karenanya, transaksi SWAP valuta ini dapat membantu dalam tingkat bunga maupun valutanya sendiri. Transaksi SWAP valuta ini biasanya dilakukan dengan bantuan bank sebagai lembaga perantara.
Image result for swap transaction
 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance