Sistem Pengendalian Manajemen EKSI4416 - Tiga Konsep Manajemen

Image result for management 
Manajemen dapat dikatakan sebagai sebuah landasan dasar atas sebuah sistem pengendalian, konsep manajemen sangat penting untuk dimiliki, agar dapat mengimplementasikan sebuah sistem pengendalian dengan baik. Dalam lingkup organisasi, pengendalian dilakukan terhadap aktivitas manajemen.

Konsep manajemen ada tiga. Konsep yang yang pertama dan menjadi dasar dari sebuah manajemen organisasi yaitu leadership. Kepemimpinan menentukan arah organisasi serta apa yang ingin dicapai oleh organisasi secara keseluruhan, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. 

Konsep kedua yaitu manajer itu sendiri yang berada di dalam sebuah organisasi. Manajer melakukan beberapa fungsi yaitu: 

Pendistribusian sumber daya yang dimiliki oleh organisasi yaitu sumber daya manusia, modal atau kemampuan finansial, sumber daya secara fisik/aset fisik,  dan informasi. 

Untuk mendistribusikan sumber daya organisasi, manajemen melakukan empat fungsi yaitu planning (perencanaan), organizing (mengatur/mengkoordinasikan), leading (memimpin dan memberikan pengaruh kepada pegawai lain untuk mencapai tujuan organisasi), serta controlling (melakukan pengendalian dan pengawasan atas penganggaran dan realisasi). 

Mencapai goals atau tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. 

Konsep yang ketiga semua kegiatan yang dilakukan di dalam organisasi dilaksanakan dengan efektif dan efisien sehingga sumber daya bisa didistribusikan dengan sesuai dan tepat guna dalam mencapai tujuan perusahaan.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance