Manajemen Operasi EKMA4215- Case

Image result for transportation strategy
Case: Apabila anda adalah seorang manajer operasional dari sebuah perusahaan jasa/layanan, faktor apakah yang akan menjadi prioritas paling utama, di antara faktor:
  • kedekatan dengan pelanggan
  • biaya transportasi
  • kedekatan dengan pasar
  • lokasi pesaing
  • faktor-faktor khusus lokasi
Lokasi sebuah perusahaan memegang salah satu peranan penting dalam kegiatan operasional perusahaan, terutama dalam rangka meminimalisasi biaya produksi atas barang atau jasa yang dihasilkan. Dengan biaya yang relatif rendah dibanding perusahaan sejenis, akan meningkatkan daya saing perusahaan.

Apabila saya manajer operasional perusahaan jasa atau layanan, hal utama yang akan saya pertimbangkan adalah kedekatan dengan pelanggan. Hal ini dikarenakan perusahaan jasa banyak berinteraksi langsung dengan pelanggan, karena core (inti) bisnis dari perusahaan jasa adalah memberikan layanan kepada masyarakat. Faktor ini mencakup akses yang mudah ditempuh oleh konsumen yang menjadi target pasar kita. Dengan menjalin kedekatan dengan konsumen yang menjadi target pasar kita, kita akan lebih memahami kebutuhan dan harapan pelanggan terhadap layanan kita sehingga kita mudah untuk melakukan perbaikan dan inovasi. Selain itu, dengan menjaga relasi yang baik, akan meningkatkan loyalitas konsumen kepada perusahaan kita, sehingga bisa menjaga long-term sustainability perusahaan kita.

Komentar

  1. Terima kasih atas artikelnya sangat bermanfaat untuk materi kuliah saya.

    Jangan lupa untuk mengunjungi blog saya di www.dewaagungwisnu.com

    Salam.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Manajemen Operasi EKMA4215 – Strategi SDM Yang Melekat Dalam Organisasi Sulit Ditiru Oleh Organisasi Lain

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance