Manajemen Operasi EKMA4215- Case
Case: Apabila anda adalah seorang manajer operasional
dari sebuah perusahaan jasa/layanan, faktor apakah yang akan menjadi prioritas
paling utama, di antara faktor:
- kedekatan dengan pelanggan
- biaya transportasi
- kedekatan dengan pasar
- lokasi pesaing
- faktor-faktor khusus lokasi
Lokasi sebuah perusahaan memegang salah satu peranan
penting dalam kegiatan operasional perusahaan, terutama dalam rangka
meminimalisasi biaya produksi atas barang atau jasa yang dihasilkan. Dengan
biaya yang relatif rendah dibanding perusahaan sejenis, akan meningkatkan daya
saing perusahaan.
Apabila saya manajer operasional perusahaan jasa atau
layanan, hal utama yang akan saya pertimbangkan adalah kedekatan dengan
pelanggan. Hal ini dikarenakan perusahaan jasa banyak berinteraksi langsung
dengan pelanggan, karena core (inti) bisnis dari perusahaan jasa adalah
memberikan layanan kepada masyarakat. Faktor ini mencakup akses yang mudah
ditempuh oleh konsumen yang menjadi target pasar kita. Dengan menjalin
kedekatan dengan konsumen yang menjadi target pasar kita, kita akan lebih
memahami kebutuhan dan harapan pelanggan terhadap layanan kita sehingga kita
mudah untuk melakukan perbaikan dan inovasi. Selain itu, dengan menjaga relasi
yang baik, akan meningkatkan loyalitas konsumen kepada perusahaan kita,
sehingga bisa menjaga long-term sustainability perusahaan kita.
Terima kasih atas artikelnya sangat bermanfaat untuk materi kuliah saya.
BalasHapusJangan lupa untuk mengunjungi blog saya di www.dewaagungwisnu.com
Salam.