Teori Portofolio & Analisis Investasi EKSI4203 - Jenis-Jenis Instrumen Investasi Aset Finansial


Related image 

a. Rekening koran
Rekening yang dimiliki investor di bank untuk menyimpan dananya, akan tetapi investor hanya mendapatkan tingkat bunga yang kecil. 

b. Deposito
Surat hutang yang diterbitkan oleh bank untuk mendapatkan dana dengan jangka waktu tertentu dan tingkat bunga tertentu. Investor nantinya akan mendapatkan dananya berupa pokok dan bunga pada saat jatuh tempo. 

c. Negotiable Certificate Deposits (NCD)
Instrumen investasi yang diterbitkan bank ketika tingkat bunga dan periode waktu dinegosiasikan antara bank dan investor dengan nilai minimum lima ratus juta rupiah. Investasi ini biasanya ditawarkan bank kepada nasabah prioritas. 

d. Promissory Notes (PN)
Surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan atau seseorang untuk mendapatkan dana dan mempunyai kewajiban yang harus dibayar ketika jatuh tempo. 

e. Commercial Papers (CP)
Surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan atau seseorang untuk mendapatkan dana dan mempunyai kewajiban yang harus dibayar ketika jatuh tempo. Penerbit surat hutang harus mengajukan rating kepada perusahaan pemeringkat ketika menerbitkan surat hutang ini. 

f. Repurchase Agreement (REPOs)
Sebuah instrumen investasi yang diterbitkan penerbit untuk mendapatkan dana dari pihak pemilik dana manakalanya adanya jaminan instrumen keuangan dan dibeli kembali oleh penerbit pada jatuh tempo dan jika tidak dibeli kembali maka menjadi milik pembeli instrumen tersebut. 

g. Medium Term Notes (MTN)
Surat utang yang diterbitkan perusahaan uang periode diatas satu tahun sampai dengan kurang dari lima tahun dan membayar bunga secara berkala. 

h. Obligasi
Surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dalam rangka mendapatkan dana dan adanya pembayaran bunga secara berkala yang dikenal dengan kupon dan mempunyai umur manakala penerbit harus membayar prinsipalnya pada saat jatuh tempo, dan obligasi dilakukan pemeringkatan oleh perusahaan pemeringkat. 

i. Obligasi Konversi (Convertible Bonds)
Obligasi yang pada periode tertentu dapat dikonversikan dengan saham dari penerbit obligasi tersebut dengan harga dan ketentuan yang telah disepakati pada awal sebelum obligasi diterbitkan. 

j. Obligasi Tukar (Exchangeable Bonds)
Obligasi konversi, namun konversi sahamnya bukan kepada penerbit obligasi, melainkan kepada perusahaan afiliasi penerbit obligasi. 

k. Saham
Bukti kepemilikan atas perusahaan dan tidak mempunyai jatuh tempo serta tidak mempunyai hak mendapatkan pendapatan secara berkala. Kepemilikan saham dibagi menjadi saham biasa dan saham preferen. 

l. Reksadana
Kumpulan dana dari investor yang diinvestasikan pada instrumen efek dan dikelola oleh manajer investasi. 

m. Opsi
Hak yang dimiliki oleh pemegangnya untuk membeli atau menjual underlying asset pada harga tertentu untuk periode tertentu pula. Hak tersebut dapat dieksekusi ataupun tidak. 

n. Warran
Instrumen investasi yang mempunyai keharusan membeli saham perusahaan pada periode tertentu dan memiliki jatuh tempo. Warran diterbitkan ketika perusahaan melakukan IPO dan penawaran obligasi sebagai pemanis ketika melakukan penawaran. 

o. Rights
Hak yang harus dimiliki pemegang saham untuk membeli saham yang akan dikeluarkan perusahaan dimana perusahaan sedang melakukan right issue. 

p. Futures
Instrumen investasi yang diperdagangkan di bursa ketika pembeli berhak membeli atau menjual instrumen aset finansial atau komoditi pada harga dan periode tertentu.  

q. Forward
Instrumen investasi yang dilaksanakan di luar bursa (over the counter) karena kesepakatan dua pihak antara penjual dan pembeli sepakat untuk melakukan transaksi jual beli instrumen aset finansial atau komoditi pada harga dan periode tertentu. 

r.     SWAP
Kesepakatan antara dua pihak atau melalui bank untuk mempertukarkan arus kas yang dimiliki masing-masing. Transaksi yang dipertukarkan yaitu tingkat bunga dan valuta asing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance