Manajemen Operasi EKMA4215 – Teori Dua Faktor Memotivasi Karyawan

 Image result for satisfaction


Teori dua faktor memotivasi dengan cara menyatakan bahwa kepuasan dan ketidakpuasan kerja tergantung pada dua faktor yaitu:
      Hygiene factors yaitu meliputi kondisi kerja. Hygiene factors mempengaruhi motivasi dan kepuasan hanya apabila mereka gagal memenuhi harapannya.Contoh: Karyawan akan merasa tidak puas apabila lingkungan kerjanya tidak baik atau karena gaji yang diperoleh tidak sesuai. Jika kondisi kerjanya diperbaiki atau gaji yang diberikan kepada karyawan dinaikkan sesuai dengan ekspektasi, karyawan pun belum tentu merasa puas.
 
      Motivation factors yang meliputi pengenalan pekerjaan secara baik. Apabila karyawan tidak dihargai di tempat kerjanya atau tidak mampu mengenal pekerjaannya dengan baik, karyawan akan merasa tidak puas. Akan tetapi, apabila karyawan dihargai di tempat kerja atau mengenal pekerjaannya dengan baik, maka karyawan akan merasa puas. 

Dapat dikatakan bahwa hygiene factors berada pada tingkat tidak puas hingga tidak ada kepuasan. Sedangkan motivational factors berada pada tingkat tidak puas hingga puas. Manajer harus menjamin bahwa hygiene factors dapat diterima karyawan untuk memotivasi dan memuaskan karyawan. Kedua, manajer harus memberikan motivation factors untuk memperbaiki motivasi dan kepuasan kerja karyawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance