Manajemen Operasi EKMA4215 - Kondisi Permintaan Deterministik



Image result for demand
Kondisi permintaan deterministik sulit ditemukan dalam praktek, sehingga model probabilistik dinilai sebagai perbaikan atas kondisi tersebut.

Perusahaan menetapkan sistem manajemen persediaan adalah agar perusahaan dapat membeli atau membuat produk dalam jumlah yang paling ekonomis. Beberapa variabel yang menentukan diantaranya jumlah permintaan, biaya pemesanan, biaya penyimpanan, biaya persediaan dan tenggang waktu (lead time).

Dalam model deterministik, variabel seperti jumlah permintaan dan lead time diketahui dengan pasti, persediaan selalu ada, struktur biaya tidak berubah serta kapasitas gudang akan selalu cukup untuk menampung persediaan. Hal ini tentu merupakan hal yang sulit dicapai oleh sebuah perusahaan karena dalam realitanya atau dalam pasar normalnya jumlah permintaan dan struktur harga bisa berubah-ubah dan bergantung dengan faktor-faktor lainnya, termasuk faktor eksternal. Belum lagi penyediaan kapasitas gudang yang selalu cukup, sedangkan perusahaan mempunyai sumber daya yang terbatas dan senantiasa mengusahakan penggunaan sumber daya seefektif mungkin.

Hal ini berbeda dengan model probabilistik. Model probabilistik memiliki karakter yang lebih fleksibel dan realistik karena pada realitanya variabel-variabel tersebut di atas memiliki karakter yang bervariasi. Demand tidak selamanya konstan, biaya pemesanan, biaya penyimpanan, harga bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Jika model persediaan deterministik tidak memiliki komponen input yang acak, maka probabilistik memiliki satu atau lebih variabel yang bersifat acak atau bervariasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance