Metode Penelitian Sosial ISIP4216 - Penelitian Sosial


Populasi:        500 orang yang terdiri 

KELAS 1 : 75 ORANG
KELAS 2 : 110 ORANG
KELAS 3 : 85 ORANG
KELAS 4 : 50 ORANG
KELAS 5 : 65 ORANG
KELAS 6 : 115 ORANG


1.Cobalah Anda rumuskan judul penelitian yang paling cocok untuk dijadikan sebagai suatu penelitian sosial.
“Pengaruh tayangan televisi terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Mulyorejo Surabaya.”

2.Tentukan mana variabel dependent (variabel tergantung/terikat) dan variabel independent (variabel bebas) yang dapat Anda identifikasi dari masalah di atas.
Variabel dependent: jam kedatangan siswa ke sekolah, penyelesaian pekerjaan rumah siswa. Variabel independent: jumlah siswa, jam tayang televisi, jenis tayangan televisi.

3.Coba tentukan jenis penelitian yang paling tepat. Jelaskan alasan anda.
Penelitian wawancara, karena kita memerlukan data yang lengkap mengenai alasan ketertarikannya menonton televisi, tayangan apa saja yang mereka sukai, dan pada jam berapa tayangan televisi tersebut disiarkan, apakah pada jam belajar, apakah pada jam dimana mereka seharusnya istirahat. Kemudian berapa jam mereka menonton televisi setiap harinya dan apakah berada dibawah supervisi orang tuanya. Dengan metode penelitian wawancara diharapkan kita bisa menggali lebih dalam permasalahan yang dihadapi anak-anak saat ini sehingga bisa menemukan solusi yang tepat.

4.  Jelaskan mana populasi dan sampelnya.
Populasi: 500 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Mulyorejo Surabaya (keseluruhan siswa mulai dari kelas 1- kelas 6)
Sampel: 300 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Mulyorejo Surabaya yang dipilih oleh Kepala Sekolah

5.  Tentukan teknik pengambilan sampelnya. Jelaskan alasan anda.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik stratifikasi agar pengambilan sampel merata terwakili secara proporsi per kelas mulai kelas 1 hingga kelas 6, sehingga diharapkan hasil penelitian cukup representatif. 



Jumlah Populasi
Perhitungan  Sampel
Jumlah Sampel
Kelas 1: 
75
: 500 x 300
45
Kelas 2:
110
: 500 x 300
66
Kelas 3:
85
: 500 x 300
51
Kelas 4:
50
: 500 x 300
30
Kelas 5:
65
: 500 x 300
39
Kelas 6:
115
: 500 x 300
69
Total
500
 
300
 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Manajemen Operasi EKMA4215 – Strategi SDM Yang Melekat Dalam Organisasi Sulit Ditiru Oleh Organisasi Lain

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance