Manajemen Operasi EKMA4215 - Perbedaan Dimensi Kualitas Perusahaan Manufaktur Dan Layanan

DIMENSI
PERUSAHAAN MANUFAKTUR
PERUSAHAAN JASA ATAU LAYANAN
Pendorong
Komitmen     dan kepemimpinan visioner dari top management.
Komitmen     dan kepemimpinan visioner dari top management.
Sistem organisasi SDM
Rekrutmen dan Seleksi
SDM diseleksi berdasarkan keahlian yang berorientasi tugas, kerja tim, keahlian teknik, dan nilai-nilai kualitas.
SDM diseleksi berdasarkan keahlian interpersonal, kerja tim, dan nilai-nilai kualitas.
Pelatihan dan Pendidikan
Terkait hard topics, yaitu akuntansi, perancangan, statistik dan sebagainya.
Terkait soft topics, yaitu seperti communication skill, hubungan interpersonal, teamwork, perilaku karyawan, dan pelayanan pelanggan.
Pemberdayaan Karyawan
Didukung infrastruktur sebagai sumber yang dibutuhkan dan bantuan teknik serta peningkatan otonomi dan tanggung jawab yang menekankan pada shop-floor workers.
Penyediaan kekuasaan, informasi, penghargaan, pengetahuan, perlindungan karyawan selama pemberian pelayanan pelanggan, menekankan pada hubungan personal.
Keterlibatan Karyawan
Gugus kendali mutu, tim perbaikan       kualitas, brainstorming,           dan seterusnya.
Gugus kendali perbaikan brainstorming, seterusnya
mutu, tim kualitas, dan yang


menekankan
pada


keterlibatan dalam organisasi j
karyawan asa.
Sistem Teknik
Manajemen                Kualitas
Pelayanan
QFD, House of Quality,
Desain Taguchi, PokaYoke, Pencegahan
Kesalahan, dan seterusnya.
Mencegah kesalahan, gap analysis, critical incident technique.
Manajemen Proses
Pengendalian kualitas statistik, pengendalian proses statistik, JIT, six sigma quality, dan seterusnya.
Sistematisasi, standardisasi, penyederhanaan, komputerisasi,           jaringan kerja, dan seterusnya.
Sistem Informasi
Data   yang    berhubungan dengan           biaya,           akuntansi keuangan,           penjualan, pemasaran, pembelian, dan seterusnya.
Data   yang    berhubungan dengan           kepuasan pelanggan,     kualitas pelayanan, dan kepuasan karyawan.
Budaya
Pentingnya budaya dalam perusahaan manufaktur melebihi teknologi.
Penyampaian pelayanan yang tidak terbatas, critical incident, dan freecovery.
Tangible
Tidak dapat diterapkan.
Kondisi,          seperti suhu, ventilasi,          kegaduhan, simbol, iklan, layout, dan seterusnya.
Tanggung Jawab Sosial
Manajemen           lingkungan,
ISO 14000, dan seterusnya.
Kewargaan organisasi, dengan melakukan perbuatan yang etis.
Hubungan Industrial
Peran yang dimainkan oleh serikat kerja yang berpengaruh pada sistem organisasi SDM.
Peran yang dimainkan oleh serikat kerja yang berpengaruh pada sistem organisasi SDM dengan berfokus pada pelanggan.
Benchmarking
Karakteristik   produk, proses, biaya, strategi, dan seterusnya.
Ciri keperilakuan, seperti kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan, kualitas pelayanan, produk dan jasa yang disampaikan.
Kepuasan Karyawan

Kepuasan dan komitmen pelanggan, pengenalan kontribusi dan pencapaian kualitas, perilaku yang lebih baik, nilai dan etika kerja, dan seterusnya.
Ambience
Continuous improvement.
Continuous improvement

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance

Manajemen Operasi EKMA4215- Dua Perspektif Kualitas Dalam Perusahaan Menurut Russell Dan Taylor (2009)