Manajemen Operasi EKMA4215- Dua Perspektif Kualitas Dalam Perusahaan Menurut Russell Dan Taylor (2009)
Suatu produk atau jasa dikatakan berkualitas apabila
perusahaan memiliki perhatian khusus yang berorientasi pada kualitas produk
atau jasa. Akan tetapi, terdapat dua perspektif dalam melihat kualitas dari
suatu produk atau jasa yaitu dari perspektif produsen dan dari perspektif
konsumen.
1. Perspektif Menurut Sudut Pandang Produsen
Produsen melihat kualitas dari dimensi kesesuaian
standar dan biaya yang dikeluarkan. Ketika merancang sebuah rangkaian produksi
barang atau jasa, produsen melihat apakah produk atau jasa yang dihasilkan
sudah sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditetapkan atau belum, atau
malah terjadi defect atau cacat. Selain itu juga membandingkan dengan biaya
yang dikeluarkan, produsen melakukan analisis produksi sehingga sumber daya
yang dikeluarkan efektif dan efisien.
2. Perspektif Kualitas Menurut Sudut Pandang Konsumen
Konsumen melihat kualitas dari dimensi karakteristik
kualitas dan harga. Dari sisi kualitas, konsumen melihat apakah kualitas produk
sesuai dengan spesifikasi kualitas yang ditawarkan atau diiklankan, apakah
kualitasnya sesuai, dibawah atau diatas ekspektasi konsumen. Kedua dari
sisi harga, yaitu apakah dengan kualitas yang ditawarkan, harga yang diberikan
sesuai atau tidak. Harga menunjukkan nilai yang konsumen bersedia bayarkan
untuk mendapatkan produk tersebut. Apakah harga tersebut sudah sesuai, dibawah
atau malah overprice jika dibandingkan dengan kualitas yang ditawarkan.
Ketika dua perspektif ini menemukan titik temu atau
standar yang disepakati bersama, itulah yang disebut dengan fitness for
consumer use atau kesesuaian untuk penggunaan konsumen. Dengan terjaganya
kualitas produk maupun tingkat biaya yang dikeluarkan membantu produsen untuk
senantiasa melakukan inovasi dalam produknya serta meningkatkan kualitasnya
dari waktu ke waktu. Dengan terjaganya kualitas yang diterima konsumen akan
meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa tersebut sehingga
penjualan meningkat, serta terjadi loyalitas konsumen secara jangka panjang.
Komentar
Posting Komentar