Manajemen Operasi EKMA4215 – PERT VS CPM



Image result for PERT CPM



Program Evaluation Review Technique (PERT) adalah alat manajemen proyek yang digunakan untuk menjadwalkan, mengatur, dan mengoordinasikan tugas dalam sebuah proyek. PERT merupakan sebuah metodologi yang dikembangkan oleh Angkatan Laut AS pada 1950-an untuk mengelola program rudal kapal selam Polaris. Sedangkan pada waktu yang hampir bersamaan, Critical Path Method (CPM) dikembangkan untuk manajemen proyek di sektor swasta. PERT dan CPM adalah dua teknik manajemen proyek berbasis jaringan, yang menunjukkan aliran dan urutan kegiatan dan acara.
Related image
  1. PERT sesuai untuk proyek-proyek baru di mana data, waktu, dan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai kegiatan tidak diketahui. Dengan PERT akan diidentifikasi waktu pengerjaan tercepat, terlama, dan terlayak.
  2. Perusahaan kontraktor yang mengerjakan proyek-proyek pembangunan karena perusahaan tersebut harus menyelesaikan kontrak kerja dengan tepat waktu. PERT menekankan pada ketepatan waktu sebab dengan penyingkatan waktu biaya proyek (biaya tenaga kerja, biaya sewa perlatan) mengecil.
  3. Perusahaan yang dinamis dalam perkembangannya sehingga kerap melahirkan inovasi seperti perusahaan di bidang teknologi atau perusahaan startup, sehingga hal yang dikerjakan adalah hal yang baru di masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance