Manajemen Operasi EKMA4215 - Perbedaan Produk Dan Jasa (Layanan) Dalam Keputusan Operasional


Kriteria
Produk
Jasa
Desain
Produk      dan
Jasa
Produk biasanya tampak (tangible), misal: botol termos
Bersifat tidak tampak (intangible), misal: 3S (senyum, salam, sapa)
Kualitas
Ada berbagai standar kualitas objektif,
Ada      berbagai       standar       kualitas

misal: air yang tersimpan tahan panas selama seminggu
subjektif,         misal:   suasana             yang menyenangkan
Desain Proses dan Kapasitas
Pelanggan tidak terlibat dalam proses desain, misal: perakitan komputer
Pelanggan terlibat secara langsung, misal: pengisian formulir
Pemilihan Lokasi
Dekat bahan baku dan tenaga kerja, misal pengolahan tambang berada di
dekat pusat tambang
Harus dekat dengan pelanggan, misal: jasa persewaan mobil mendekati wilayah pemukiman penduduk
Desain      Tata
Letak
Tata letak harus mendukung proses produksi lebih efisien, misal: lini perakitan
Tata letak mendukung produk atau produksi, misal: tata letak service center handphone
SDM         dan
Desain
Pekerjaan
Menekankan pada keahlian teknis; standar karyawan konsisten, misal: karyawan konveksi upah berdasarkan
output hasil jahitan
Karyawan       berinteraksi        langsung
dengan pelanggan, misal teller bank
Manajemen
Rantai
Pasokan
Hubungan rantai pasokan penting dalam menghasilkan produk akhir
Hubungan rantai pasokan tidak terlalu penting
Persediaan
Meliputi persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses, persediaan produk jadi
Jasa tidak dapat disimpan, tetapi pelayanan harus dapat mengakomodasi perubahan permintaan
Penjadwalan
Kemampuan     menyediakan      produk
sesuai dengan tingkat produksi
Berkenaan        dengan         kemampuan
bertemu pelanggan sesuai jadwal
Pemeliharaan/ Perawatan
Pemeliharaan bersifat pencegahan yang harus dilakukan selama produksi
Pemeliharaan bersifat perbaikan dan dilakukan terhadap pelanggan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance

Manajemen Operasi EKMA4215- Dua Perspektif Kualitas Dalam Perusahaan Menurut Russell Dan Taylor (2009)