Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing
Untuk menyusun strategi
bersaing yaitu pertama perusahaan harus bisa menganalisis 4 hal yaitu analisis
SWOT. Analisis SWOT adalah suatu instrumen analisis eksternal dan internal
perusahaan.
Strength dan Weakness
merupakan faktor internal dari perusahaan itu sendiri. Apa saja kekuatan yang
bisa diperkuat dan dikembangkan lagi. Analisis dilakukan berdasarkan logika
yang bisa mengoptimalkan kekuatan atau Strengths. Selain itu juga menganalisis
kelemahan/Weakness dari perusahaan yang bisa diminimalisir dengan rangkaian
pengendalian sistematis yang disusun oleh Perusahaan.
Secara beriringan, analisis ini diperkuat
dengan analisis secara eksternal yaitu analisis Opportunity dan Threats.
Peluang dari eksternal yang bagaimana yang bisa dimaksimalkan lagi, bagaimana
ekspektasi masyarakat luas terhadap perusahaan, dan bagaimana ancaman dari
kompetitor serta lingkungan eksternal perusahaan.
Dengan melakukan analisis secara menyeluruh
diharapkan perusahaan bisa menentukan strategi yang tepat sasaran terkait
dengan kondisi aktual perusahaan, baik internal maupun eksternal. Analisis ini
merupakan dasar bagi perusahaan untuk menetapkan prioritas sektor perusahaan
mana yang akan menjadi fokus dalam perbaikan dan inovasi ke depannya. Tujuan
akhirnya yaitu diharapkan perusahaan bisa menjadi leading company di bidangnya
dibandingkan kompetitor-kompetitor lain.
Terimakasih penjelasannya
BalasHapusterimakasih atas penjelasannya. sangat membantu
BalasHapus