Tugas Akhir Program EKSI4500 : Hubungan Antara Akuntansi Internasional Dengan International Financial Standar Reporting Statement (IFRS)


Image result for IFRS 
Akuntansi Internasional muncul dengan semakin meningkatnya arus perdagangan antar negara ditengah perekonomian dunia yang semakin tidak ada batas.  Perbedaan geografi, sosial, ekonomi, politik, dan hukum antara satu negara dengan negara lainnya menyebabkan standar akuntansi yang diterapkan antara negara satu dengan negara lainnya berbeda dan tidak serta merta valid untuk langsung diperbandingkan. Perkembangan akuntansi di dunia ini berjalan sendiri-sendiri. Masing-masing negara memiliki sistem dan konsep sendiri tentang standar akuntansinya atau mengikuti kubu tertentu. Misalnya saja AASB (Australia Accounting Standard Board) di Australia, FASB (Financial Accounting Standard Board) di Amerika, ASB (Accounting Standard Board) di Inggris dan IAI  di Indonesia. Padahal kualitas dapat diperbandingkan (comparability) merupakan kualitas utama yang harus dimiliki laporan keuangan.

Kubu standar akuntansi yang paling besar ada dua yaitu Kubu Amerika dan Kubu Eropa. Eropa mengeluarkan IASB Statement dan FASB Statement. IASB dipakai perusahaan Eropa dan perusahaan yang terdaftar di pasar modal Eropa sedangkan FASB dipakai perusahaan Amerika dan perusahaan yang terdaftar di pasar modal Amerika.

Pada tahun 2004 International Accounting Standard Committee (IASC) Foundation memberikan berbagai rekomendasi agar muncul konvergensi di antara kedua organisasi besar ini sehingga perusahaan publik yang terdaftar di pasar modal akan mudah dan tidak banyak mengeluarkan laporan dengan standar yang berbeda. 

Diperlukan standar yang berlaku secara internasional dan umum untuk semua negara dalam melakukan pelaporan keuangan sehingga muncullah International Financial Reporting Standards atau IFRS. Seiring dengan perkembangan globalisasi, banyak negara saat ini sudah mengadopsi IFRS daripada mengembangkan standar sendiri pada negaranya. Pada tahun 2005, 65 negara tetap mewajibkan International Financial Reporting Standar (IFRS) untuk perusahaan yang terdaftar di bursa dan sampai saat ini sudah lebih 800 perusahaan publik menggunakan standar akuntansi IASC.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance