Tugas Akhir Program EKSI4500 : Ilmu Akuntansi Keprilakuan Perlu Untuk Dipelajari


Image result for audit 
Sumber : https://neilpatel.com/wp-content/uploads/2018/04/social-media-audit.jpg
 
Ilmu akuntansi sendiri merupakan ilmu yang berkembang seiring dengan berkembangan bisnis. Dalam perkembangannya akuntansi berperan menghasilkan informasi keuangan maupun non-keuangan yang digunakan oleh para pemakainya dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Akuntansi tidak dapat dilepaskan dari aspek perilaku manusia serta kebutuhan organisasi akan informasi yang dapat dihasillkan. Jadi akuntansi bersifat dinamis dan berkembang sepanjang waktu seiring dengan perkembangan lingkungannya agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Tujuan ilmu keperilakuan adalah untuk memahami, menjelaskan, dan memprediksi perilaku manusia sampai pada generalisasi perilaku manusia, yang didukung oleh bukti-bukti empiris yang dikumpulkan melalui prosedur yang terbuka. Hal ini dikaitkan pada riset ilmiah (scientific research) dan perilaku manusia (human behavior). 

Ilmu akuntansi keperilakuan perlu dipelajari untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari suatu proses akuntansi ketika perilaku manusia disatukan dan bagaimana keperilakuan dapat mempengaruhi perubahan atas cara dan prosedur akuntansi yang digunakan lebih efektif untuk membantu stakeholders mencapai tujuannya. Akuntansi keperilakuan itu sendiri diterapkan dengan praktis menggunakan riset ilmu keperilakuan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku manusia.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance