Bisnis Internasional ADBI4432 : Pasar Oligopoli


Image result for oligopoly market 

Pasar oligopoli adalah pasar yang mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Oligopoli memiliki struktur pasarnya sendiri sehingga tidak dapat dikatakan pada bentuk persaingan pasar sempurna. Contohnya adalah produsen mobil yang didominasi oleh beberapa produsen besar dunia, salah satunya merek Toyota. Toyota merupakan pemain lama dalam pasar otomotif dunia, tidak hanya di Indonesia. Produk asli Jepang ini memiliki brand image yang baik dan nilai purna jual yang tinggi. Jepang merupakan salah satu negara dengan perhatian dan perkembangan teknologi terkini yang pesat. Karawang Plant adalah salah satu pabrik otomotif milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Karawang International Industrial City (KIIC) yang berfokus pada pasar dalam negeri dan ekspor ke negara-negara Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Pada saat ini, Karawang Plant memiliki kapasitas produksi 100.000 unit mobil per tahun. Karawang Plant yang berdiri di area tanah seluas 1.000.000 m2 dengan luas bangunan 300.000 m2 memiliki konsep pabrik otomotif kelas dunia yang memadukan teknologi tinggi, keahlian sumber daya manusia, dan kepedulian terhadap karyawan dan lingkungan.

Kemajuan teknologi dalam proses produksi maupun pembuatan engine system senantiasa dikembangkan. Tidak hanya menghasilkan mobil dengan harga terjangkau, mesin yang diproduksi oleh toyota menghasilkan mobil berkualitas tinggi, handal, dan hemat bahan bakar. Produknya akhir-akhir ini berfokus pada produksi mobil murah, beremisi rendah, dan hemat bahan bakar atau LCGC (low cost green car). Hal ini seiring dengan berkembangnya produk mobil seluruh dunia yang mengarah pada produk rendah emisi dan ramah lingkungan. Mobil listrik dan mobil berteknologi hybrid juga terus dikembangkan.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Oligopoli
https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/profile
https://businessjargons.com/wp-content/uploads/2015/12/Oligopoly-Market.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance