Bisnis Internasional ADBI4432 : Peran IMF dan krisis ekonomi Indonesia tahun 1998

Image result for IMF

1. Menurut saudara masih relevan kah peran badan dunia seperti IMF dan World bank dalam membantu pertumbuhan perekonomian dunia?

Saat ini, peran badan dunia seperti IMF dan Bank Dunia diantaranya adalah kerjasama moneter internasional, mempromosikan stabilitas nilai tukar, membantu menangani penyesuaian neraca pembayaran, membantu menangani krisis ekonomi dengan memberikan koordinasi internasional seperti rekomendasi, pinjaman jangka panjang dan bantuan, terutama kepada negara-negara berkembang.

Dana ini tentunya mendukung berbagai investasi di semua sektor, termasuk pendidikan, energi, perdagangan, dan pembangunan perkotaan. Tidak hanya mendukung secara finansial, Organisasi-Organisasi ini juga memfasilitasi interaksi rutin di antara donor dan melakukan studi tentang masalah ekonomi dan sistem layanan sosial.

Dengan adanya bantuan kepada negara-negara berkembang, dapat memperkecil gap antara developed countries dengan developing countries. Adanya bantuan dan dukungan terhadap perkembangan sosial, kesehatan, pendidikan, dan banyak aspek lainnya sehingga mendorong pengembangan SDM yang berkualitas. Dengan demikian, suatu negara dapat memiliki lingkungan ekonomi makro yang relatif stabil dan membantu pertumbuhan perekonomian negara-negara di seluruh dunia.

 Image result for IMF
2. Bagaimana peran IMF saat krisis moneter melanda Indonesia di tahun 1998?

Pada tahun 1998, Indonesia dilanda krisis. Perbankan banyak mengalami likuidasi, rupiah anjlok karena kombinasi penularan dari gejolak mata uang di kawasan, perkembangan politik, dan ketidakpastian lainnya. Menanggapi hal ini, Pemerintah dengan cepat memberlakukan paket kebijakan komprehensif untuk memulihkan kepercayaan dan menahan penurunan nilai tukar rupiah.

Peningkatan yang direncanakan lebih lanjut, sesuai dengan rekomendasi dari Departemen Urusan Fiskal IMF yaitu untuk meningkatkan pendapatan pajak non-minyak, termasuk meningkatkan cakupan audit tahunan,  mengembangkan program audit PPN yang lebih baik untuk menargetkan pembayar pajak potensial yang besar, dan meningkatkan pemulihan tunggakan pajak. Untuk mempercepat kemajuan di bidang ini, pemerintah meminta bantuan teknis lebih lanjut dari IMF. Bank Indonesia bekerja sama dengan AsDB, IMF, dan staf Bank Dunia untuk menetapkan dan segera menerapkan aturan yang seragam, transparan dan adil untuk menyelesaikan masalah likuiditas dan solvabilitas, dari bank swasta.

Strategi moneter ini dilengkapi dengan intervensi valuta asing yang bijaksana untuk menstabilkan dan mendukung nilai tukar. Skala intervensi ini ditentukan melalui konsultasi erat dengan staf IMF, dan juga tunduk pada Bank Indonesia mempertahankan cadangan internasional bersih di atas lantai bulanan dan triwulanan yang ditentukan dalam program. Seperti dalam Memorandum kami sebelumnya tentang Kebijakan Ekonomi dan Keuangan, setiap sterilisasi intervensi pasar valuta asing sangat dibatasi untuk memastikan bahwa kondisi moneter menjadi lebih kuat ketika skala intervensi meningkat.

Untuk mendukung tujuan akhir dari privatisasi penuh semua bank negara, pemerintah memperkenalkan undang-undang pada akhir Juni 1998 untuk mengubah undang-undang Perbankan untuk menghapus batasan kepemilikan pribadi. Mitra strategis asing dicari untuk bank hasil merger untuk membantu menarik partisipasi sektor swasta lainnya dan untuk akhirnya privatisasi. Jadwal privatisasi untuk semua bank negara ditentukan melalui konsultasi dengan IMF dan Bank Dunia.

Kapasitas bank sentral untuk pengawasan berbasis risiko semakin diperkuat dengan bantuan teknis dari IMF dan Bank Dunia. Untuk semakin memperkuat kebijakan dan infrastruktur kelembagaan untuk perbankan, pemerintah mengambil langkah-langkah untuk membuat rencana aksi untuk meningkatkan kerangka hukum yang disiapkan pada akhir tahun 1998 dengan bantuan IMF dan Bank Dunia.

Image result for world bank

Sumber:
https://www.imf.org/external/np/loi/011598.htm
https://www.theclassroom.com/the-role-of-the-world-bank-13654582.html
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/7/7e/International_Monetary_Fund_logo.svg/1200px-International_Monetary_Fund_logo.svg.png
https://www.imf.org/en/~/media/EB945BC7758B40CDBBC91028FB0B8324.ashx?la=en&h=492&w=550
https://res.cloudinary.com/iibbank/image/upload/fl_progressive,w_2560,c_limit/publications/VgkaPG1RYVH6y3HZLC0PWQYxcwxNx9tkm7G.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance