Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance


Image result for audit 
sumber : https://www.uhyhn.co.nz/wp-content/uploads/2019/01/Audit-Benefits-pic.png

Auditing adalah suatu proses sistematis untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi kegiatan dan peristiwa ekonomi, dengan tujuan menetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Jasa Assurance adalah jasa profesional independen yang meningkatkan mutu informasi bagi pengambil keputusan. Pengambil keputusan memerlukan informasi yang andal dan relevan sebagai basis untuk pengambilan keputusan. Jasa assurance bermanfaat untuk meningkatkan kualitas informasi yang akan dijadikan basis pengambilan keputusan. Jasa assurance dapat disediakan oleh profesi akuntan publik atau berbagai profesi lain. Salah satu kategori jasa assurance yang diberikan oleh akuntan public adalah jasa atestasi, sedangkan jasa assurance yang diberikan oleh profesi lain adalah jasa pengujian berbagai produk oleh organisasi konsumen (non profit organization), jasa pemeringkatan televisi (television rating), dan lain-lain.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa:
·       Jasa assurance merupakan lingkaran besar yang mencakup salah satunya adalah jasa auditing, jasa atestasi dll. Jasa assurance lebih umum daripada jasa auditing
·       Objek yang dituju adalah informasi berupa asersi
·       Sama-sama memiliki standar umum, standar pelaporan, dan standar lapangan
·       Membutuhkan indepedensi auditor
·       Menekankan pada peningkatan kualitas informasi yang digunakan decision maker

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat