AKL II EKSI4311 : Siapakah yang dimaksud dengan venturer? dan apa bedanya venturer dengan investor dalam ventura bersama?

Image result for joint venture 

Paragraf 3 IAS 31 mendefinisikan ventura bersama sebagai perjanjian kontraktual manakala dua atau lebih pihak melaksanakan aktivitas ekonomi yang merupakan subjek dari pengendalian bersama. Di dalamnya terdapat pihak yang disebut venturer, ada juga investor. Keduanya merupakan pihak yang sama-sama menginvestasikan modal ke dalam bisnis dan keduanya sama-sama mengharapkan laba atau ROI yang menjanjikan. Namun keduanya juga memiliki beberapa perbedaan, diantaranya:

PERMODALAN:
Venturer: dapat berupa orang pribadi atau perusahaan, umumnya menggunakan uang yang dikumpulkan dari perusahaan investasi, perusahaan besar, dan dana pensiun. Biasanya, venturer  tidak menggunakan uang mereka sendiri untuk berinvestasi di perusahaan.
Investor: investor umumnya menggunakan dananya sendiri. Banyak investor adalah keluarga dan teman pemilik ventura bersama. Investor lebih fokus pada membantu membangun bisnis seseorang daripada mengambil keuntungan segera.

SAAT UNTUK BERINVESTASI:
Venturer: venturer cenderung berinvestasi dalam bisnis yang sudah mapan untuk mengurangi risiko kehilangan investasi.
Investor: investor lebih cenderung berinvestasi dalam bisnis yang baru mulai. Mereka memilih bisnis yang mereka minati dan dapat melihat proses perusahaan tersebut menghasilkan keuntungan, bahkan jika perusahaan tersebut belum menghasilkan keuntungan.

RETURN OF INVESTMENT:
Dikarenakan jumlah investasi venturer yang besar, venturer pada umumnya menuntut return yang lebih tinggi daripada investor.

KENDALI:
Baik venturer maupun investor menginginkan ekuitas bisnis dan / atau semacam kontrol dalam cara bisnis berjalan. Keduanya ingin memastikan mereka mendapatkan pengembalian investasi yang tinggi. Dikarenakan modal yang diberikan lebih besar, venturer tentunya menuntut prasyarat yang lebih rumit daripada investor atau memiliki kendali yang lebih kuat. Venturer mungkin mengharuskan dibentuknya Dewan Direksi. Sedangkan investor tidak memiliki kendali formal atas kendali ventura bersama. Banyak investor bertindak sebagai mentor dan membantu memberikan saran dalam pengambilan keputusan.

Sumber:
BMP EKSI4311 Edisi 2
https://www.patriotsoftware.com/accounting/training/blog/venture-capitalist-vs-angel-investor/
https://www.thebalancesmb.com/thmb/D11E6KZFEf9f4u8cPBv0aDp2aVY=/950x0/JointVenture_397540_final_2-1eee631af3444e9ea3019ebbb6c890e9.png

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance