Bisnis Internasional ADBI4432 : Manfaat Positif Dan Akibat Negatif Globalisasi Bagi Perekonomian Nasional Khususnya Usaha Kecil Menengah

          Image result for online transportation


Manfaat positif bagi perekonomian nasional khususnya UKM adalah saat ini trend perdagangan sudah banyak bergeser dari metode konvensional dimana dulu orang berdagang dengan adanya lapak atau toko dan perlunya promosi, iklan, koneksi atau jaringan agar dikenal banyak orang. Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan kurang mendukung untuk usaha startup atau yang masih merintis. Sekarang siapapun dapat menjadi pedagang, banyak platform yang disediakan cuma-cuma untuk masyarakat bisa menjual produk atau jasanya, misalnya shopee, tokopedia, aliexpress, dan lain-lain.

Dengan adanya platform yang banyak digunakan masyarakat, konsumen kita tidak terbatas hanya di kota kita saja atau indonesia saja, bahkan konsumen kita saat ini merupakan seluruh penduduk dunia. Siapapun bisa memaksimalkan omsetnya dan menjadi pengusaha sebesar impiannya. Perbedaan batas negara tidak menjadi batasan bagi penjual karena banyak platform yang menawarkan ongkos kirim 0 dan tentunya pemerintah sangat mendukung ekspor dengan pajak ekspor 0. Dengan adanya globalisasi, setiap orang mampu belajar dari manapun dan dapat memaksimalkan kualitas SDM kita dan pada akhirnya meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan.

Perusahaan transportasi terbesar dunia yaitu GRAB tidak memiliki satupun armada. Toko shopee atau tokopedia tidak memiliki satupun dagangan. Kompetisi saat ini tidak hanya lokal tetapi seluruh dunia. UKM saat ini dituntut untuk melek IT dan berinovasi agar mampu berkompetisi secara harga maupun kualitas produk dengan kompetitor di seluruh dunia. UKM yang tidak mampu beradaptasi jelas akan tersingkir karena konsumen saat ini pintar dan selektif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka mau tidak mau UKM harus menyediakan waktunya untuk belajar IT, banyak memanfaatkan internet dalam media promosi agar tidak kehilangan pangsa pasarnya. 

Sumber:
https://i1.wp.com/www.frasindo.com/media/wp-content/uploads/2017/07/3289105552.jpg?resize=750%2C500&ssl=1
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Operasi EKMA4215 - Cara Menyusun Strategi Bersaing

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perkembangan Akuntansi Yang Ada Di Indonesia Secara Singkat

Tugas Akhir Program EKSI4500 : Perbedaan Antara Auditing Dengan Jasa Assurance