Salah satu postingan telat juga...hehe, btw selamat ya buat tim kelas yg super brilliant udah menang Lomba Starwars, semacam lomba kuis cerdas cermat. CONGRATS!!
Untuk menyusun strategi bersaing yaitu pertama perusahaan harus bisa menganalisis 4 hal yaitu analisis SWOT. Analisis SWOT adalah suatu instrumen analisis eksternal dan internal perusahaan. Strength dan Weakness merupakan faktor internal dari perusahaan itu sendiri. Apa saja kekuatan yang bisa diperkuat dan dikembangkan lagi. Analisis dilakukan berdasarkan logika yang bisa mengoptimalkan kekuatan atau Strengths. Selain itu juga menganalisis kelemahan/Weakness dari perusahaan yang bisa diminimalisir dengan rangkaian pengendalian sistematis yang disusun oleh Perusahaan. Secara beriringan, analisis ini diperkuat dengan analisis secara eksternal yaitu analisis Opportunity dan Threats. Peluang dari eksternal yang bagaimana yang bisa dimaksimalkan lagi, bagaimana ekspektasi masyarakat luas terhadap perusahaan, dan bagaimana ancaman dari kompetitor serta lingkungan eksternal perusahaan. Dengan melakukan analisis secara menyeluruh diharapkan perusahaan bisa m...
Terdapat dua faktor kunci yang mempengaruhi yaitu: • Casual ambiguity: sulit untuk menangani mekanisme yang tepat dengan saling mempengaruhi praktik dan kebijakan sumber daya manusia untuk menciptakan nilai. Untuk dapat meniru suatu sistem yang kompleks harus diketahui terlebih dahulu bagaimana elemen-elemen itu berinteraksi. Tanpa mengetahui bagaimana sistem SDM bekerja, untuk meniru sulit atau tidak mungkin dilakukan, bahkan dengan menyewa satu atau beberapa top management sekalipun. Hal ini disebabkan pemahaman sistem dalam organisasi melibatkan semua orang di dalamnya. • Path dependency: kebijakan untuk berkembang dan tidak dapat disederhanakan dari waktu ke waktu. Pesaing dapat memahami sistem yang bernilai tetapi tidak mampu meniru untuk menerapkannya.
Suatu produk atau jasa dikatakan berkualitas apabila perusahaan memiliki perhatian khusus yang berorientasi pada kualitas produk atau jasa. Akan tetapi, terdapat dua perspektif dalam melihat kualitas dari suatu produk atau jasa yaitu dari perspektif produsen dan dari perspektif konsumen. 1. Perspektif Menurut Sudut Pandang Produsen Produsen melihat kualitas dari dimensi kesesuaian standar dan biaya yang dikeluarkan. Ketika merancang sebuah rangkaian produksi barang atau jasa, produsen melihat apakah produk atau jasa yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditetapkan atau belum, atau malah terjadi defect atau cacat. Selain itu juga membandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, produsen melakukan analisis produksi sehingga sumber daya yang dikeluarkan efektif dan efisien. 2. Perspektif Kualitas Menurut Sudut Pandang Konsumen Konsumen melihat kualitas dari dimensi karakteristik kualitas dan harga. Dari sisi kualitas, konsumen melihat ...
Komentar
Posting Komentar